Sebelum kita membahas lebih jauh mengenai aspek pemasaran, mari kita pahami
terlebih dahulu tentang pemasaran itu sendiri. kegiatan pemasaran adalah
berbeda dengan penjualan, transaksi ataupun perdagangan. American Marketing
Association 1960, mengartikan pemasaran sebagai berikut : Pemasaran adalah
pelaksanaan dunia usaha yang mengaarahkan arus barang-barang dan jasa-jasa dari
produsen ke konsumen atau pihak pemakai. Defenisi ini hanya menekankan aspek
distribusi ketimbang kegiatan pemasaran. Sedangkan fungsi-fungsi lain tidak
diperlihatkan, sehingga kita tidak memperoleh gambaran yang jelas dan lengkap
tentang pemasaran.
1) Spesifikasi Produk
Spesifikasi didefinisikan sebagai uraian yang
terperinci mengenai persyaratan kinerja (performance) barang/jasa atau uraian
yang terperinci mengenai persyaratan kualitas material dan pekerjaan yang
diberikan penyedia (conformance) barang/jasa. Uraian spesifikasi hendaknya
memenuhi 5 W + 1 H. What mengandung unsur kualitas dan kuantitas barang/jasa.
When mewakili waktu. Where mengandung unsur lokasi. Who menyangkut target
kelompok penyedia yang dapat mengadakan barang/jasa. How menunjukkan cara yang
tepat untuk menjamin value barang/jasa yang didapatkan. Terakhir why mewakili
keterikatan barang/jasa dengan sasaran kegiatan.
2) Segmentasi Produk
Segmentasi Pasar adalah kegiatan membagi-bagi pasar
yang bersifat heterogen dari suatu produk kedalam satuan-satuan pasar (segmen
pasar) yang bersifat homogen. Berdasarkan definisi diatas diketahui bahwa pasar
suatu produk tidaklah homogen, akan tetapi pada kenyataannya adalah heterogen.
Pada dasarnya segmentasi pasar adalah suatu strategi yang didasarkan pada falsafah
manajemen pemasaran yang orientasinya adalah konsumen. Dengan melaksanakan
segmentasi pasar, kegiatan pemasaran dapat dilakukan lebih terarah dan sumber
daya yang dimiliki perusahaan dapat digunakan secara lebih efektif dan efisien
dalam rangka memberikan kepuasan bagi konsumen.
Ada empat ktiteria yang harus dipenuhi segmen pasar
agar proses segmentasi pasar dapat dijalankan dengan efektif dan bermanfaat
bagi perusahaan, yaitu :
- Terukur (Measurable), artinya
segmen pasar tesebut dapat diukur, baik besarnya, maupun luasnya serta
daya beli segmen pasar tersebut.
- Terjangkau (Accessible), artinya
segmen pasar tersebut dapat dicapai sehingga dapat dilayani secara
efektif.
- Cukup luas (Substantial), sehingga
dapat menguntungkan bila dilayani.
- Dapat dilaksanakan (Actjonable),
sehingga semua program yang telah disusun untuk menarik dan melayani
segmen pasar itu dapat efektif. Kebijakan segmentasi pasar haruslah
dilakukan dengan menggunakan ktiteria tertentu. Tentunya segmentasi ini
berbeda antara barang industri dengan barang konsumsi.
3) Analisa Pasar
Analisa pasar dilakukan untuk menemukan peluang bisnis
dan potensi yang bisa dimanfaatkan. Besarnya potensi tersebut bisa diukur
dengan berbagai faktor, terutama keberterimaan suatu produk atau jasa di
wilayah tertentu. Bisnis bisa berjalan selama masih ada konsumen yang mau
membeli produk atau jasa tertentu untuk memenuhi kebutuhan mereka. Produk atau
jasa keuangan disediakan oleh pebisnis untuk memenuhi kebutuhan ini. Analisa
pasar adalah faktor paling penting yang tidak boleh dilewatkan sebelum
melakukan usaha tertentu. Hasil dari analisa tersebut akan sangat berguna untuk
mengetahui seberapa besar potensi bisnis yang ada dan berapa lama suatu bisnis
bisa bertahan.
4) Peasaing
Strategi pemasaran pesaing utama
meliputi :
a. Produk
·
Mutu
·
Desain
·
Kemasan Gelas 240
ml.
b. Harga
·
Harga Satuan
·
Syarat Pembayaran
·
Diskon Penjualan
c. Saluran
Distribusi
·
Pasar Swalayan
·
Pasar Tradisional
& Toko-toko kelontong
·
Tenaga Penjual
Langsung
d. Promosi
·
Lefleat &
Brosur
·
Iklan di media
cetak
·
Spanduk
5) Strategi pemasaran
Strategi pemasaran meliputi :
- Produk
- Harga
- Jalur distribusi
- Promosi atau penjualan
6) Pembuatan media promosi berbasis TIK
saya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan media promosi, seperti :
- Sebisa mungkin maksud dan tujuan tersampaikan secara baik.
- Jangan hanya berisi tulisan, tambahkan gambar
- Buat semenarik mungkin
- Pemilihan font untuk penulisan juga perlu diperhatikan , agar dapat terbaca dengan jelas
sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar