Minggu, 20 Maret 2011

Belajar via Web

Informasi saat ini dirasa dapat dengan mudah kita dapatkan seiring dengan pesatnya perkembangan dunia maya. Saat ini banyak sekali kita temui Website atau Blog yang membahas dan menyediakan informasi mengenai berbagahi hal,baik itu sains, teknologi, pengetahuan umum. Tentu saja hal ini sangat memudahkan kita dalam mengakses informasi. Sangat banyak pilihan web yang dapat anda kunjungi, seperti beberapa web di bawah ini yang dapat menjadi salah satu pilihan untuk menambah pengetahuan anda :


Web ini berisi tentang artikel-artikel komputer dan  membahas serta mengulas berita komputer dan teknologi terbaru. website ini memiliki beberapa kategori diantaranya : Sains, kesehatan, segala hal mengenai teknologi dan informasi, ulasan tentang hardware, info gadget terbaru, riset tutorial,internet dan sekilas info mengenai topik yang sedang trend, semuanya dapat dengan mudah di baca, dengan meng-klik menu yang telah di sediakan oleh si pembuat web ini. Selain itu web ini di lengkpi dengan kolom popular post yang berisi kumpulan software yang dapat di download oleh pengunjung.  isi dari tiap artikel yang ada di web ini pun sarat akan ilmu pengetahuan yang bermanfat bagi pembacanya  dan dapat menambah ilmu tentunya. terdapat beberapa ulasan yang berisi tips mengenai dunia komputer dll. Selain itu tampilan dari web ini pun cukup menarik, terlihat rapih karena terdapat kolom archives, kolom diskusi nya pun di buat serapih mungkin di susun berdasarkan topik diskusi. Website ini dapat menjadi salah satu pilihan  untuk memperoleh ilmu dan informasi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi.



NetSains.Com dapat menjadi mediasi antara kalangan akademisi, publik, ilmuwan dan industri yang pada dasarnya sama-sama membutuhkan informasi sains dan teknologi. Dari sisi edukasi, Netsains adalah media sains dan teknologi bagi publik.  Website ini berisi kumpulan artikel-artikel yang menarik mengenai sains dan teknologi seperti mengenai biologi,kimia, fisika, komputer, politik dan lain-lain. Semuanya di bahas secara menarik dan di sampaikan dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti. Website ini sangat bermanfaat tentunya sebab sarat akan ilmu di setiap artikel yang di sampaikan.


IlmuKomputer.Com adalah komunitas eLearning yang membagi literatur dan materi kuliah secara bebas dan gratis di bidang computing alias ilmu komputer dan teknologi informasi dalam bahasa Indonesia. Materi gratis dengan Lisensi Open Content tersedia dalam format PDF yang bebas untuk didownload. Tersedia juga versi offline dalam bentuk CD untuk yang kesulitan mangakses situs ini secara online.


IlmuKomputer.Com juga memberi kesempatan untuk pembaca menbagi (share) pengetahuan melalui tulisan. website ini juga menyediakan format tulisan  dengan prosedurnya untuk mempermudah anda dalam menulis dan mengupload artikel. Diskusi berbagai topik di bidang computing dapat dilakukan melalui beberapa Mailing List yang dipisahkan berdasarkan kategori bahasan. 

Dalam website ini ada  4 Menu yang di sajikan yaitu :

Membahas berbagai materi kuliah, bahan presentasi dan        referensi dari mata kuliah yang di ajar oleh Bpk Romi Satria Wahono.

http://brainmatics.com/ (CONSULTING TRAINING)
Berisi daftar IT Training dan Consulting lengkap dengan info tentang biaya, waktu, dan jadwalnya

http://ilmukomputer.org/  (KNOWLAGE SHARING)  
Berisi kumpulan article dan tulisan seputar computing.

http://romisatriawahono.net/ (EDUCATIONAL BLOGGING)
berisi kumpulan artikel yang di susun oleh Bpk  Romi Satria Wahono yang Aktif sebagai peneliti dan dosen

Selain itu tersedia juga Konsultasi Online gratis melalui Yahoo Messenger untuk yang kesulitan mengikuti berbagai materi yang ada di situs ini. Website ini bisa menjadi alternatif pendidikan non-formal gratis dalam bidang ilmu komputer di Indonesia, dan memberi motivasi kepada komunitas di lain bidang untuk menghasilkan karya serupa di bidang lain tentunya.




4. http://secangkirkopipanas.com/

secangkirkopipanas.com adalah sebuah situs media yang berisi artikel dan berita seputar teknologi informasi, berita hardware, berita software, tips dan trik komputer, berita seputar pemrograman, Internet Marketing, serta lain-lain terkait dengan teknologi informasi terkini. website ini Menyajikan berita terbaru untuk topik seputar dunia komputer secara harian dalam bahasa Indonesia, selain itu Mengedukasi masyarakat Indonesia tentang perkembangan teknologi informasi terkini, Menyajikan berita dan informasi seputar teknologi informasi dari Indonesia, dan memberikan kesempatan untuk siapa saja yang ingin mengembangkan dirinya dalam penulisan berita. website ini dapat menjadi partner baik bagi pecinta dunia komputer.




Situs Dunia berisi kumpulan artikel-artikel dari segala bidang seperti Arkeologi, astronomi, dunia flora, fauna, sains, sejarah dan budaya, serta masih banyak lagi yang dikumpulkan berdasarkan dari info-info populer dan fenomenal yang beredar di dunia maya. Setiap artikel disediakan dengan bahasa yang ringan dan mudah di menegrti. Website ini dapat menjadi pilihan yang tebat untuk menambah ilmu pengetahuan di bidang pengetahuan umum.





6. http://prothelon.com/caramembuatwebsite/

prothelon.com merupakan website tutorial membuat web gratis. Website ini membahas tentang bagaimana membuat web menggunkan PHP, memahami bahasa HTML, belajar MYSQL, dll. SElain itu website ini menyediakan E-book seputar PHP. tampilannya cukup menarik, di lengkapi dengan kolom komentar, info terbaru, tiap mateinya pun di sampaikan menggunakan bahasa yang mudah d mengerti dan disusun berdasarkan materi dasar, website ini dapat menjadi guru online anda untuk membuat web.

7. http://www.duniabelajar.com/mengenai-duniabelajar.php



Www.duniabelajar.com merupakan sarana bagi murid untuk belajar dan tenaga pendidik dalam mengajar. Website ini dapat membantu melatih pengetahuan anak, terdapat pula soal-soal latihan yang dapat dikerjakan langsung dan permainan-permainan yang menarik namun tetap dalam lingkup pendidikan sesuai dengan Kurikulum 2004 Berbasis Kompetensi. Pada situs ini, terdapat tips, artikel, berita pendidikan di Indonesia serta menampilkan hasil karya anak bangsa. Selain itu, Dunia Belajar menghadirkan pendidikan dalam bentuk permainan-permainan interaktif dengan menggunakan komputer dan sesuai dengan Kurikulum 2004 Berbasis Kompetensi. Melalui permainan-permainan interaktif tersebut, anak dapat melatih pengetahuan mereka secara menyenangkan, membantu meningkatkan prestasi belajar anak serta melatih keterampilan dalam menggunakan komputer.


Beberapa website di atas hanya sebagian dari wedsite menegnai sains dan teknologi. Masih banyak lagi website-website lain yang membahas tentang sain dan teknologi yang tidak dapat saya sampaikan seluruhnya, semoga dengan mengunjungi dan membaca artikel yang ada pada website-website di atas dapat menambah ilmu pengetahuan pembaca. 



*Dengan bayak membaca, dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar