Minggu, 07 Oktober 2012

Jenis Dan Tipe Bisnis Di Bidang TIK (consultan, e-commerce, software house)


Perkembangan teknologi Informatika yang pesat saat ini telah memicu timbulnya beragam jenis dan tipe bisnis informatika. Secara garis besar terdapat 2 macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa, antara lain:

1. Produk
- Hardware / Perangkat Keras
- Software / Perangkat Lunak

2. Jasa
- Aplikasi
- e-commerce
- Consultan
- Infrastruktur informasi dan komputer

berikut ini saya akan menjelaskan mengenai consultan, e-commerce, software house yang merupakan produk dan jasa dari pemanfaatan Teknologi Informasi dalam dunia bisnis.

Software House
Yaitu seseorang atau perusahaan kecil yang bergerak di bidang jasa pembuatan atau perbaikan perangkat lunak (software). Software house biasanya menerima pembuatan atau perbaikan software, database, website, program accounting lengkap, termasuk inventory management, purcahasing / selling product dan service, Account based and support online system, IntelliGuard-EYE : program security kamera (cctv / webcam) dengan kemampuan mendeteksi gerakan sehingga dapat memaksimalkan kapasitas hardware yang tersedia jaringan & SEO (search engine optimization) serta bisa untuk semua jenis usaha (perusahaan, toko, kasir, hotel, restaurant, maupun personal)


Consultan TI
Konsultan TI merupakan pengembang atau pembuat teknologi informatika dan komunikasi.Seorang konsultan TI biasanya memberikan saran bisnis, menyelesaikan msalah teknis maupun memperbaiki struktur dan efisiensi dalam sistem.



E-Commerce
E-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.

E-commerce juga dapat didefinisikan dari beberapa perspektif :

1. Komunikasi : pengiriman barang, jasa, informasi, atau pembayaran melalui jaringan computer atau sarana electronic lainnya.

2. Perdagangan : penyediaan sarana untuk membeli dan menjual produk, jasa, dan informasi untuk internet atau fasilitas online lainnnya.

3. Proses Bisnis : menjalankan proses bisnis secara elektronik melalui jaringan elektronik, menggantikan proses bisnis dengan informasi

4. Layanan : cara bagi pemerintah, perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya pelayanan/operasi sekaligus meningkatkan mutu dan kecepatan layanan bagi konsumen.








Tidak ada komentar:

Posting Komentar