Minggu, 16 Oktober 2011

Dasar-dasar Dalam Desain Grafis

Desain grafis adalah suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya, disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang. Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual, termasuk di dalamnya tipografi ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Dalam kelas desain grafis  Terdapat beberapa unsur yang dapat di pelajari yaitu :

1. Desain bangun ruang
2. Pengenalan pada unsur dari desain
3. Garis
4. Bidang
5. Massa
6. Tekstur (permukaan) 
7.Warna

Setiap desain memiliki unsur dasar tertentu atau bangun ruang terpilih untuk menyampaikan pesan – melebihi kata-kata atau foto yang digunakan. kemudian ke 7 unsur tersebut membentuk prinsip-prinsip dasar desain grafis yaitu :
1. Keseimbangan (Balance)
2. Kedekatan (Proximity)
3. Kesejajaran (Alignment)
4. Pengulangan atau Konsistensi (Repetition or Consistency)
5. Kontras (Contrast)
6. Ruang Putih (White Space)

Masih banyak hal yang dapat di pelajari dalam Desain Grafis ini, oleh karena itu saya lampirkan pula dalam tulisan ini modul yang berisi penjelasan, contoh soal dan laihan dalam bentuk PDF, anda dapat mendownloadnya di :


http://www.mediafire.com/?z3l0s1sx7906qta



untuk yang sedang belajar latex, saya lampirkan pula dalam bentuk TeX document, bisa anda download di :




Tidak ada komentar:

Posting Komentar