Sabtu, 10 Maret 2012

Animasi dengan Teknik Image

Saat ini dunia teknologi berkembang begitu pesatnya, seiring dengan berkembangnya teknologi dunia perfilman juga ikut berkembang. Akhir-akhir ini sangat banyak bermunculan film animasi. Tampilan gambar yang seolah nyata menimbulkan keunikan tersendiri, oleh karena itu banyak kalangan menyukain film berteknologi ini. namun di antara penggemar film animasi ini mungkin masih ada yang belum mengetahui apa definisi dan teknik apa saja yang digunakan dalam pembuatannya. berikut ini akan saya coba jelaskan apa si Animasi itu, dan teknik apa yang di gunakan dalam pembuatannya??????

yang pertama yang saya akan jelaskan adalah "Definisi Animasi"

Animasi adalah kumpulan atau tumpukan gambar yang di jadikan dalam satu rangkaian yang apabila kita proyeksikan akan terlihat seolah-olah hidup. Sebenarnya animasi telah lama ada, hanya saja keterbatasan teknologi membuat tampilan animasi kurang menarik, tidak seperti film animasi yang ada saat ini. pada awal kemunculannya film animasi di buat dengan menggabar karakter secara manual di atas kertas, kemudian setalah semua karakter di buat kertas-kertas itu di gerakkan perlahan,atau di proyeksikan sehingga terlihat bergerak. namun saat ini dengan berkembangnya teknologi cara itu hampir tidak di pakai, karena telah banyak sofware yang mensuport pembuatannya.Dapat dikatakan bahwa animasi merupakan suatu media yang lahir dari dua konvensi atau disiplin, yaitu film clan gambar. Animasi tidak selalu di tampilkan dalam betuk film, animasi juga di tampilkan dalam bentuk gambar saja ataupun game yang di buat dengan animasi 2D atau 3D

Selanjutnya, adalah "Teknik Animasi"

Untuk membuat animasi di butukan teknik-teknik yang di gunakan, teknik yang ada di sesuaikan dengan kebutuhan si pembuat animasi itu sendiri. berikut ini adalah taknik-teknik yang sering di gunakan dalam pembuatan animasi :

  1. Animasi dengan teknik image 
  2. Animasi dengan teknik xorting 
  3. Animasi dengan teknik make 
  4. Animasi dengan tipe objek sprite
  5. Animasi dengan tipe objek frame 
  6. Metode animasi frame 
  7. Metode animasi bibliting 
  8. Metode animasi real-time 




Teknik animasi yang akan saya bahas lebih lanjut dari ke delapan teknik yang ada adalah "Animasi dengan Teknik Image". Pembuatan animasi dengan teknik ini adalah dilakukan dengan cara menyimpan gambar menjadi sprite di dalam memori. gambar dalam bentuk sprite ini nantinya akan ditampilkan pada background yang telah ada. Perlu diketahui gambar yang disimpan harus berlatar belakang sesuai dengan backgroundnya. Dalam pembutan animasi dengan teknik ini dibutuhkan ketelitian lebih, hal ini dikarenakan penempatan posisi dan penyamaan dengan backgroundnya harus tepat. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar